Kemilau Minangkabau Sukses 

PADANG, METRO –Kemilau Minangkabau 2014, kontes batu akik terbesar di Sumbar, sukses menghadirkan dua ratus pencinta batu dari seluruh kabupaten/kota di Sumbar serta provinsi tetanggap. Padang hari terakhir, Minggu (21/12), belasan batu bernilai tinggi berhasil dikumpulkan untuk disumbangkan.
Ketua pelaksana Kemilau Minangkabau 2014, Guspen Khairul menjelaskan, para pecinta batu akik terpuaskan dengan Kemilau Minangkabau. Masyarakat pun antusias untuk datang, baik untuk membeli atau sekadar bertanya tentang batu-batu akik terbaik dengan nilai jual tinggi.
”Tidak hanya batu yang sudah diolah, namun bahan-bahan juga dibawa para pencinta batu di Sumbar,” sebut Guspen.
Untuk Sumbar, menurut Guspen, banyak batu-batu terbaik yang tersembunyi di berbagai daerah. Dengan kekayaan alam yang dimiliki Sumbar, maka batu akik bisa menjadi bisnis menjanjikan.
”Lewat tangan-tangan terampil masyarakat kita di Sumbar, batu itu disulap menjadi indah berjual nilai tinggi. Melalui Kemilau Minangkabau 2014, maka pencinta atau hobi batu bisa lebih terakses dan juga kedua untuk bisa membantu kaum miskin dan anak yatim melalui dompet duafa,” jelasnya.
Selain dari Sumbar, antusias acara ini terlihat dari kehadiran pengrajin serta masyarakat dari Riau dan Jambi. Rata-rata pengunjung memburu batu-batu mulia. ”Dengan ini gairah pecinta batu akik atau batu mulia asli Sumbar bisa bangkit. Targetnya, acara ini akan diadakan sekali setahun. Potensi batu mulia memang tidak dipungkiri lagi indahnya. Contohnya batu asli dari Dharmasraya yaitu lumuik Sungai Dareh.
”Saat ini potensi besar ada di Dharmasraya, karena di sana terdapat aliran sungai Batanghari dan tersimpan batu-batu bernilai jual tinggi,” jelasnya. (cr4)

google_ad_client = “ca-pub-2755775210036421”;
google_ad_slot = “6321325190”;
google_ad_width = 336;
google_ad_height = 280;

December 23, 2014

Tags: