Mengenal Paul Tapponnier – Earth Observatory of Singapore

Paul Tapponnier – Earth Observatory of Singapore

Profesor Paul Tappoinnier adalah salah satu ilmuwan terkemuka dari generasinya dalam bidang neotectonics. Penemuannya dalam hal aktif faults di dalam dan di sekitar Tibet yang menampung koalisi antara India ke Asia yang memberikan pemahaman ilmiah mengenai tektonik Asia.

Penelitiannya memberikan model yang konsisten dari skala besar dalam proses deformasi antara Himalaya dan Baykal, sampai ke Timur Laut Cina.

Model ini kemudian diperluas untuk mencakup sebagian besar Asia Tenggara, berdasarkan percobaannya dengan analog yang inovatif. Dengan kombinasi studinya di Laut Mediterania, penilitiannya menegaskan bahwa propagasi dari fault baru lebih dari ratusan kilometer merupakan elemen penting dari tektonik di benua.

Prof Tappoinnier mempelopori penggunaan satelit bergambar untuk mempelajari tektonik demgan skala besar, dan menetapkan standar untuk metode penelitian tektonik.

Prof Tappoinnier telah melakukan beberapa penilitian dengan kapal pesiar mengenai hal oseanografi dan berbagai proyek lain di bermacam negara Mediterania, bagian tengah, timur dan Asia Himalaya Asia (termasuk tiga puluh lima perjalanan ke Tibet), dan Afrika utara dan timur, mengenai mata pelajaran mulai dari Lempeng Tektonik sampai deformasi, seismotectonics sampai ke struktural geologi, pendeteksian jarak jauh untuk morphotectonics dan perubahan iklim, metamorfosis Tersier untuk Paleomagnetism. Prof Tappoinnier memperoleh gelar Master dalam bidan Sains di Ecole Nationale Supérieure des Mines de

Paris dan gelar PhD (“Intracontinental Tektonik di Alpine Eropa dan Asia”, dengan Honors) di Universitas des Sciences et Techniques du Languedoc, Montpellier, Perancis.

//

July 13, 2015

Tags: