Pariwisata dan Hari Pers Nasional 2017

Pariwisata dan Hari Pers Nasional 2017

Saya diundang sebagai perwakilan Genpi Sumbar dalam rangka kegiatan Kemenpar pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017. Ini kali pertama saya ikut dalam peringatan HPN dan pertama kali datang ke Kota Ambon.

Perjalanan ke Kota Ambon dari Kota Padang, terjadi selama dua hari. Ya…karena proses transit, mungkin karena penerbangan yang penuh besoknya baru sampai di ambon pkl 06.00 WIB atau pkl 08.00 WIT

Berbagai kegiatan digelar dalam rangka Hari Pers Nasional ini. Sebagian kegiatan didukung penuh oleh Kemenpar. Kegiatan yang ditangani Kemenpar membuat acara ini terasa lebih berarti.

Berikut laporannya :

Seminar The Power of Branding by Hermawan Kartajaya

Seorang tokoh visioner, tokoh branding didatangkan kemenpar membahas tentang Branding dalam Seminar The Power Of Branding, 7 Februari di Islamic Centre Ambon. Dalam rangka Hari Pers Nasional 2017

Kesimpulannya beliau menganjurkan adanya Nation branding, Wonderful Indonesia. Pemilihan fokus pariwisata dengan melibatkan seluruh pihak.

Menurut beliau, Inilah tiga potensi kota Ambon yang bisa dipakai yaitu, sebagai kota jalur rempah, kota musik atau anixieties spritual. Namun dalam wawancara media, beliau menyerahkan itu semua kepada seluruh elemen di Kota Ambon.
Talkshow Jalur Tematik Rempah

Ambon, Maluku terkenal sebagai penghasil rempah. Daerah yang dekat dengan Darwin Australia ini, mempunya jalur rempah yang mungkin terkait dengan Aceh, Sumatera Barat dan daerah Jawa.

Beberapa peneliti, ahli sejarah dihadirkan dalam kegiatan talkshow yang dibuka Deputi Pariwisata Nusantara, Esty Reko Astuty .

Dalam talkshow, 8 Februari 2017 yang bertepatan dengan hari saya harus balik ke Kota Padang, saya mencatat rempah ternyata barang berharga

Menurut JJ Rizal, rempah kadang lebih mahal dari emas. Bahkan rempah juga disebutkan dalam berbagai kitab suci. Moderator Taufik Rahzen juga menyebutkan dalam tanda kutip, tiga rempah, Pala,lada dan cengkeh adalah rempah yang memberi wewangian dari Surga.

Terlepas bagaimana kelanjutannya, saya rasa ide ini harus makin dimatangkan sebagai interkoneksi pariwisata Nusantara. Saya yakin Kemenpar bisa menjadikannya.

Sebagai orang Indonesia asal Sumatera Barat, saya banyak dapat ilmu dan manfaat dari sini. Kepedulian Kemenpar terhadap digitalisasi, fokus program terukur dan jelas yang dipaparkan Deputi Pariwisata Nusantara. Luar biasa berbagai tokoh dan elemen didatangkan untuk memeriahkan Hari Pers Nasional dan sekaligus memberikan banyak manfaat untuk Kota Ambon serta Maluku secara umum. Salam Pesona Indonesia.

#genpi #kemenpar #westsumatera #ambon #maluku #pesonaindonesia




February 10, 2017

Tags: , , ,