Pesan Untuk Pejuang Usaha Rintisan – StartUp

Pesan Untuk Pejuang Usaha Rintisan – StartUp

Seiringnya tumbuhnya teknologi, munculah startup. Walau diartikan sebagai usaha rintisan, startup identik dengan usaha pada bidang teknologi. Berbanding lurus, banyaknya aplikasi yang telah berhasil, banyak juga usaha rintisan dengan basis digital ini, menghadapi berbagai masalah.

“Kalau tidak ada masalah kenapa ada solusi?” – Budi Putra

Nah mengapa kita bahas dari masalah? Hal ini didapatkan dari beberapa teman-teman yang sedang merintis usaha. Tujuannya agar startup Indonesia semakin lebih baik. Pertanyaan ini dijawab oleh Budi Putra, Startups advisor dan Investor. Tokoh Minang, yang satu ini juga telah berpengalaman di bidang digital serta media di Asia.

Secara internal, masalah yang dihadapi adalah; Munculnya solusi yang tidak ada masalahnya. Misal aplikasi yang membantu orang menemukan sebuah lokasi. Aplikasi ini juga telah ada, namun muncul dan tidak mampu bersaing dengan teknologi yang ada selama ini. “Pertanyaannya, apakah selama ini ada masalah,” sebut Budi Putra, Advisor dan Investor Startups. “Kalau tidak ada masalah kenapa ada solusi?,” tegasnya.

Foto Profil Budi Putra https://www.instagram.com/boedip/

“Ah itu mati sebelum jadi,” sebut Rang Mudo Minang…

Masalah internal lainnya, ide yang muncul dan tidak dikembangkan secara cepat sehingga terkesan diambil pihak lain. “Ah itu mati sebelum jadi,” sebut Rang Mudo minang yang pernah berkarir di Yahoo, Tempo dan Jakarta Post Digital, viki.com ini. Menurutnya, lebih baik diambil atau diakuisisi daripada tidak pernah jadi. Namun ia merasa yakin, startup lokal akan lebih baik karena lebih paham terhadap kondisi yang ada di daerah masing – masing.

Investasi? masalah lain dihadapi startup. Ini juga bukan sebuah ketakutan, karena sekarang sudah banyak investor yang bersedia meng hire startup. Itu bukan lagi masalah penting. “Kerjakan saja dulu, kalau sudah baik pasti banyak yang minat,” sebutnya Budi Putra sambil makan sate danguang- danguang di daerah Pondok di Kota Padang.

Diskusi singkat ini terasa padat, walau di sela sela nonton pertandingan sepakbola Indonesia – Malaysia dalam gelaran Asian Games 2017. Nanti kalau ketemu beliau lagi, kita akan tanya banyak hal lagi. hehehe

Jika ingin diskusi langsung, saya sarankan akses saja http://budiputra.com/, media sosial nya Instagram , twitter,  dan facebook :

 




August 28, 2017

Tags: , , , ,