Perkembangan Hoax

Perkembangan Hoax

Hoax, atau berita tidak benar semakin bertranspormasi menjadi banyak hal. Sehingga transpormasi ini menjadikan fake news ini lebih mudah berkembang.

Hoax Penuh. Berita hoax yang isinya betul – betul tidak benar dan pesan yang ditimbulkan juga tidak benar. Seperti informasi tugu monumen nasional hancur atau miring, karena proyek yang tidak benar.

Setengah Hoax. Berita Hoax yang isinya benar benar, keterangan tidak benar, namun pesannya benar. Ini cukup sulit diberantas karena pesan yang benar, membuat sebagian orang memakluminya. Contoh berita tentang artis Arnold Swazeneger yang diusir dari hotel dan tidur di depan patungnya. Gambar itu benar, karena pernah diupdate di twitter mantan gubernur itu, namun tidak ada keterangan adanya pengusiran dari pihak hotel. Contoh kedua, video pembuatan biji plastik yang dibuat keterangan bahwa itu produksi beras plastik, pesan agar berhati hati dengan beras plastik membuat sebagian orang membiarkan hal tersebut

Setengah hoax juga bisa jadi, video atau foto yang benar, keterangan benar, namun pesannya tidak benar. Contohnya, keluarga presiden menggunakan pakaian mahal, mengunjungi korban bencan alam. Namun pesan yang menyebutkan itu sebuah ketidakpedulian membuat opini yang menyesatkan karena tidak mengambil alasan dari pengguna pakaian mahal itu.

Nah….murnikan informasi anda.

 




August 31, 2017

Tags: ,