Hari Ini Saya Berulang Tahun, Ucapan Berdatangan Dari Mesin

Ini soal cerita ulang tahun di zaman kekinian. Beginilah realitanya. Sejak beberapa tahun terakhir saya menghapus penampilan tanggal kelahiran ke publik. Private access itu dilakukan pada seluruh akun digital yang saya miliki.

Dulu jika ditampilkan publik, jaringan pertemanan di dunia maya, akan mengetahui kapan saya lahir. Notifikasi saya berulang tahun juga akan menyebabkan banyaknya ucapan selamat, harapan dan hal yang menggembirakan di hari ulang tahun.

Notifikasi Medsos Untuk Ulang Tahun

Saya bisa saja menerima puluhan, atau ratusan ucapan. Bahkan ada ucapan yang digabung dengan ucapan selamat ulang tahun dari beberapa teman yang sama hari kelahirannya. Saya harus balas satu persatu, kadang juga saya balas dengan satu postingan ucapan terimakasih saja untuk semua mengucapkan.

Membalas postingan ucapan selamat ulang tahun juga kemeriahan sendiri, saya akan lihat profil satu persatu yang mengucapkan, karena kadang namanya A di dunia nyata, punya akun dengan nama B dan pakai foto profil C. Ada pula namanya saya kenal singkat, nama yang dituliskan di akun medsosnya panjang dan menggunakan kata kata unik. Ini bagai masuk belantara digital karena setiap profil memiliki data yang menarik ditelusuri. Seru lah pokoke

Sejak beberapa tahun lalu, tidak lagi ada keseruan itu. Sejak tidak ditampilkan hari kelahiran, ucapan selamat kadang hanya saya dapatkan dari mesin media sosial, website forum, dan sms dari bank. Disitulah data diri saya termasuk hari lahir mereka dapatkan. Melalui sistem, mereka mengucapkan selamat ulang tahun. Mereka mengirimkan ucapan, sambil memperkenalkan produk. Bonus terbatas, untuk produk tertentu pada hari Ulang Tahun. Terasa spesial, menarik dan I am nothing

Beda Kenyataannya

Ini tentu saja beda dengan dunia nyata. Selamat ulang tahun datang dari keluarga terdekat. Istri yang selalu berusaha menjadi orang pertama yang mengucapkan. Ibu yang nyaris selalu membuatkan makanan kecil untuk perayaan ulang tahun anggota keluarga kami, kakak adik yang akan selalu mengucapkan lewat telfon atau pesan singkat dan saling berkabar. Teman teman yang ingat juga akan bersalaman, selamat ulang tahun kata mereka.

Kini Bukan Dulu

Dulu saya tidak mendapatkan ucapan selamat ulang tahun mesin. Waktu itu chat masih pakai mirc, mesin pencarian lebih banyak pakai yahoo, zaman itu keemasan bagi laman friendship dan telfon selular tidaklah pintar, masih hitam putih dengan tulisan dari titik – titik. Terpenting, data diri kita juga tidak direcord seperti sekarang ini, apalagi di notif. Sekarang ucapannya makin masif, pakai bunga – bunga pula.

Tulus dan Canggih

Kalau ada yang memberikan kabar duka, kadang ramai – ramai akan tampil ucapan. Entah beberapa orang yang datang. Tulisannya kadang copy paste. Mungkin suatu saat, ucapan itu juga memenuhi dinding media sosial saya. Hiks, mudah – mudahan banyak juga berdoa yang tulus.

Hari ini, Tahun ini saya ucapkan terimakasih kepada yang telah mengucapkan selamat Ulang Tahun melalui nofitikasi :

  1. 1. Bank ………….
    2. Forum …………
  2. 3. Ecomerce………
    4. Situs …………

Tentu saja juga kepada yang mengucapkan secara langsung dan tidak langsung, dalam hati gitu. Keyakinan saya, walau tanpa ucapan met milad, happy birthday, selamat hut, met ultah semua pertemanan dan kenalan saya akan memberikan doa yang baik.

Terimakasih semua, semoga segala doa dan harapan kita dikabulkan. Kebahagiaan untuk semua orang lahir – bathin, dunia dan akhirat.

Wassalam
Tandri Eka Putra

 



September 15, 2017

Tags: , ,