Fungsi Cpanel

Mengenal Fitur dan Fungsi di Dalam cPanel Hosting Anda

Mungkin sudah banyak yang mengetahui apa itu di cpanel,cPanel adalah sebuah control panel web hosting pada Linux yang memberikan tampilan grafis dan peralatan automasi yang dibuat untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs web. cPanel menggunakan 3 tingkat struktur untuk memberikan fungsi administrator, agen, dan pemilik situs web untuk mengatur berbagai macam aspek dari situs web dan administrasi server melalui sebuah penjelajah web standar. Selain memberikan Guide User Interface untuk memudahkan pengguna, cPanel juga dilengkapi dengan perintah dalam teks dan berdasarkan API agar vendor perangkat lunak pihak ketiga, organisasi web hosting dan pengembang untuk automasi sistem standar proses administrasinya.

berikut ini fitur dan fungsi di dalam cPanel hosting sebagai berikut:

  1. Spam Assasins, Fitur untuk melindungi Inbox dari email Spam, berfungsi untuk menyaring email secara otomatis.
  2. BoxTrapper. melindungi inbox email dari serangan spam dengan mengharuskan semua pengirim terverifikasi pada daftar Whitelist.
  3. Subdomain. Bikin subdomain sama seperti membuat sub-sub direktori tertentu di server kita.
  4. Addon Domain, 1 hosting umumnya hanya bisa dipakai satu domain saja. Namun dengan Addon Domain, kita bisa menambahkan beberapa domain. 2 Domain yang kita tambahkan akan menciptakan satu direktori sendiri. Sehingga dia seolah memiliki space sendiri.
  5. Parked Domain. Parked Domain fungsinya mengarahkan domain yang diparkir agar menampilkan domain utama.
  6. Redirect mengarahkan sebuah halaman tertentu ke halaman lainnya Misalnya untuk mendapatkan URL shortener.
  7. DNS Zone Editor. DNS Zone Editor. kita bisa setting sendiri A record dan CNAME dari domain kita untuk berbagai keperluan. Misalnya Google Apps, dan redirect domain ke Blogspot.
  8. MX Entry. Fitur yang diperlukan untuk mengaktifkan Google Apps. Cara kerjanya dengan mengubah jalur berkirim-terima email kamu.
  9. SSL / TLS Manager. kamu bisa generate key yang diperlukan untuk mengaktifkan protokol HTTPS terhadap website anda. Sebelumnya, anda harus membeli sertifikat SSL dulu pada provider kepercayaan anda. butuh SSL? goo.gl/lJYM9c
  10. IP Deny Manager. Fitur ini memungkinkan kita untuk blok alamat IP yang jahat terhadap situs kita.
  11. Virus Scanner.untuk scan virus yangg ada di hosting & menanggulangi adanya badware yang mungkin menumpang ketika kita mengunggah data.
  12. Hotlinking Protection. kita dapat menghindari pencurian bandwidth karena orang lain banyak copy paste artikel dari website kita.
  13. Password Protect Directories. Dengan fitur ini, kita bisa memberi perlindungan berupa kunci password tambahan pd sebuah folder.
  14. Leech Protect. membri perlindungan password tambhan kepad direktori. Namun, ia akan memblkir IP jika salah sekian kali (sesuai settiing).
  15. File Manager. tau fungsi Windows Explorer pada Sistem Operasi Windows kan?. File Manger memilki fungsi yang sama, untuk mengtur direktori & file kita.
  16. Disk Space Usage, Fitur ini menyediakan cara tercepat untuk melihat disk space yang dipakai tiap folder.
  17. Bandwidth. untuk melihat penggunaan bandwidth dari situs. Mencakup semua aktivitas baik HTTP (web), POP (mail), hingga FTP.
  18. Backups, dengan fitur backup situs kamu bisa bebas dari cyber crime, karena kamu tinggal restore ke backup paling fresh,Pindah hosting juga bisa kamu lakukan sewaktu-waktu bila kamu punya backup.
  19. Change Password, untuk ganti password cPanel. Hal ini harus rutin dilakukan untuk menghindari resiko penyadapan.
  20. FTP Accounts, dengan fitur ini dapat buat account FTP & membtasi ruang garknya, agr dpt mengunggah/mengunduh data dari dirktori tertentu. Untuk FTP sendiri, anda perlu sebuah third party program seperti FileZilla, CuteFTP, dlsb.
  21. FTP Session Control, kamu bisa menggunakan ini untuk melihat yang login melalui FTP ke situs kamu / menghentikan session FTP tanpa ijin ke situs.
  22. MySQL Databases. dengan fitur ini, bisa membuat databse, user, & mengatur hak akses dari setiap user. tipe data yang disupport adalah MySQL.
  23. phpMyAdmin. Jka fitur MySQL Database berfungsi menciptakan database, maka fitur phpMyAdmin berfungsi untuk edit tabel database.
  24. Remote MySQL, Di sini, kita bisa akses databse tanpa login ke cPanel. Pertama kita whtelist dulu IP komputer kita melalui fitur Rmote MySQL, Kemudian kita bisa memanfaatkan third party program seperti HeidiSQL, Navicat, MySQL GUI tools, dan sejenisnya untuk remote.
  25. Webmail, Di sini, anda bisa login ke akun email anda untuk mengakses email dari komputer manapun, Fitur ini dilengkapi fasilitas webmail untuk cek pesan masuk ke Inbox email kita. Tetapi kita juga bisa menggunakan Outlook Express.atau kamu bisa login degan mengkses login ke almat abc.com:2096 (ganti abc.com dengan nama domain kamu).
  26. Email Trace. kamu dapat melacak pengirimn email dari akun kamu. kamu dapat melihat rinciannya, termsuk pesan telah sampai/masih masuk ke queue server.
  27. Auto Responder, untuk membalas pesan secara otomatis kepad yang mengirim pesan ke alamat email kamu. bisa sangat berguna saat liburan.
  28. Forwarders, untuk mengirim salinan email yg diterima sebuah alamat ke almat lainnya sehingga kamu tidak perlu memeriksa ke2 account.
  29. Cron Job. adalah script yang dapat dijalankan secara otomatis dalam server kita. Biasanya kita memanfaatkan fasilitas cronjob ini untuk keperluan auto update ataupun backup.
  30. Softaculus adalah tool yang berisi kumpulan aplikasi web populer yang diintegrasikan ke cPanel.Fantstico memungkinkan instalasi otomatis (auto-installer) aplikasi open source dan CMS. Webmaster yang ingin melakukan instalasi aplikasi open source atau CMS harus membuat database dan upload file ke server, namun dengan menggunakan Fantastico, webmaster tidak perlu melakukan hal tersebut karena semaunya telah dilakukan melalui Fantastico sehingga menghemat waktu.

Sedangkan jika hosting kamu gunakan sudah menggunakan cloudlinux maka ada beberapa fitur tambahan

  1. Select PHP Version,tool ini sangat berguna karena kita bisa milih versi berapa yang mau kita gunakan,tanpa harus mengikuti versi php yang ditentukan penyedia layanan hosting
  2. Resource Usage,kelebihan dari cloudlinux sendiri resourcenya sudah dibagi-bagi peraccount,nah buat memantau penggunaan resource kita di cpanel cloudlinux ini ada fitur Resource Usagenya
  3. Penggunaan Resource Saat Ini,disini bisa dilihat menggunakan proses,ram dll website kita di hosting,fitur ini ada di sidebar(sebelah kiri)

    sumber : http://pengantarhosting.blogspot.com/2015/05/mengenal-fitur-dan-fungsi-di-dalam.html

March 5, 2018

Tags: