Bali Menuju Pusat Yoga Dunia

Bali tidak hanya tentang keindahan alam, budaya, pulau dewata juga menjadi kiblat Yoga dunia.

Tempat berdoa yang terdapat pintu masuk hotel Alam Semburuk, Ubud Bali

Tempat berdoa yang terdapat pintu masuk hotel Alam Semburuk

Sejak tujuh tahun terakhir, turis yang datang ke Bali, mulai menjadikan olahraga fisik dan jiwa, Yoga sebagai alasan utama. Meditasi ini, juga telah menjadi paket – paket program bagi tour dan travel.

“Lebih dari setengah jumlah tamu yang saya antar menanyakan tempat Yoga,” kata Putu Raditya, Driver tour freelance di Bali.

Ia menerangkan, biasanya daya tarik wisatawan datang ke Bali pada saat acara Ngaben para keluarga raja dan Hari Raya umat Hindu, Galungan. Selain karena even, umum wisatawan meningkat pada Bulan Juli dan Agustus.

“Namun dengan adanya Yoga, menjadi salah satu alasan mereka datang kesini,” jelas spria asal Jembers yang sudah lama dan beristri orang Bali.



Kedatangan wisatawan juga meningkatkan penjualan pedagang souvenir. Pedagang, di Ubud Market mengaku penjualan souvenir khas Bali juga terus meningkat. Souvenir Barong dan dpatung dari kayu serta perunggu, jadi pilihan utama.

Pelaksanaan Yoga di Bali Spirit Festival 3 April 2018

Salah satu tempat yoga yang terkenal di Bali yaitu Yoga Barn. Di lokasi ini, wisatawan juga belajar Yoga. Selain itu beberapa vila juga telah memasukan yoga sebagai aktivitas gratis yang bisa diikuti tamu yang menginap. Salah satunya di Alam Sembuwuk Resort.

Bersamaan dengan meningkatnya antusias Yoga di Bali, pada hari ini hingga tanggal 8 April 2018 juga dihelat Bali Spirit Festival, menggabungkan Yoga, tari dan musik. Acara dengan delapan kelas Yoga diperkirakan akan diikuti 50 master yoga dari 5 benua dan ditargetkan menyedot 8000 wisatawan dari 50 negara.

Bersamaan dengan ketenangan dan keramahan masyarakat Ubud Bali dan dukungan Kementerian Pariwisata, Bali semakin mengokohkan diri sebagai kiblat Dunia. (*)

April 6, 2018

Tags: , , ,