Musik Dunia Hadir Bali Spirit Festival

Penari di Lighting The Heart, Bali Spirit Festival 2018 di Gianyar Bali

Satu penari bertopeng terus menghentak, menari, mengikuti alunan musik. Ia terus menari. Nyanyian khas dari berbagai negara juga menyentak, barisan wanita berbaju putih mengelilingi api unggun. Mereka, belasan wanita pendoa memuja alam dan peciptanya.

Setiap nyanyian dari 16 penampilan negara, peserta terbawa suasana. Pendoa terus bergerak, tepuk tangan selalu bergemuruh. Inilah penampilan musik dan tari pada malak kedua Bali Spirit Festival 2018, di area Yayasan Purnawati, Gianyar Bali.

Lighting The Heart, Bali Spirit Festival 2018 di Gianyar Bali

Panitia mengangkat tema Lighting The Heart (cahaya hati-red), sebuah malam yang menceritakan tentang cerita perjalanan ritual, lagu, tari yang ditampilkan secara luar biasa oleh banyak wanita.

Musik dunia di Lighting The Heart, Bali Spirit Festival 2018 di Gianyar Bali

“Saya ikut menyanyikan lagu untuk acara,” kata Wayan Wati, dari Bali. Wanita paruh baya itu bersama seorang temannya, mendapatkan tempat untuk penampilan di tengah jadwal.



 

Sebelum penampilan, secara kolosal dilakukan drama musikal, tentang rahmat alam yang selama ini mesti dijaga hingga untuk generasi nanti. Seorang ibu hamil, didudukan di depan barisan para wanita pendoa.

Wayan Wati, penembang dari Padang Tegal, Ubud Bali menyebutkan dirinya sebelumnya ada penari, tapi pada saat ini lebih fokus kepada olah suara. Kemampuannya terus didapatkan turun menurun, karena teraplikasi dalam setiap upacara di Bali.

Wayan Wati, penembang dari Padang Tegal, Ubud Bali bersiap menampilkan olah suara di pergelaran Ligthing The Heart penampilan lagu dari banyak negara dalam ajang Bali Spirit Festival

Musik pada malam kedua, pergelaran Bali Spirit Festival telah dipersiapkan sejak sore harinya. Tata panggung, latihan ulang dan tata wajah pengisi acara telah dilakukan.

Tahun ini Bali Spirit Festival dijadwalkan berlangsung dari tanggal 2 – 8 April 2018

Musik dunia di Lighting The Heart, Bali Spirit Festival 2018 di Gianyar Bali

Bali Spirit Festival menghadirkan tema acara utamanya yakni holistik, kesehatan dan musik dunia yang memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan ekologis, semangat budaya, dan vitalitas keseluruhan di Bali dan di Indonesia. (*)